Kalau kamu suka nonton film-film action mungkin pernah menemukan adegan dimana tokoh utama tengah membuka ruang rahasia atau mengakses sesuatu dengan menggunakan sandi khusus. Bukan angka, melainkan fingerprint. Nah, di dunia nyata juga sama lho.

 

Sekarang ini, banyak banget produk smartphone bahkan aplikasi salah satunya Gojek juga menggunakan teknologi sidik jari tersebut. Tujuannya bukan untuk keren-kerenan, tapi untuk meningkatkan keamanan pengguna. Jadi, kamu bisa terhindar dari berbagai macam resiko seperti kehilangan saldo karena orang lain tau kode PIN kamu Terus, gimana cara mengaktifkan fitur fingerprint GoPay? Langsung catat, yuk!

 

Fitur Fingerprint dan Face ID

 

Kamu udah tau kan kalau transaksi dengan GoPay bikin semuanya jadi mudah? Tinggal sekali klik, bisa pesan makan di GoFood, transfer ke temen, isi pulsa lewat GoPulsa, dan masih banyak lagi. Bagi yang sering bertransaksi pakai GoPay, keamanan jadi hal yang utama. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, GoPay menghadirkan inovasi berupa fingerprint dan face ID  untuk mengakses akun.

 

Fitur fingerprint atau sidik jari (Touch ID) sudah tersedia di iOS dan Android. Sedangkan untuk Face ID bisa kamu gunakan di perangkat dengan sistem iOS. Kedua fitur bekerja dengan memanfaatkan identitas biometrik atau karakteristik fisiologi untuk masing-masing pengguna termasuk sidik jari atau scan wajah. Kamu bisa ikuti cara mengaktifkan fitur fingerprint untuk Android seperti berikut:

 

  • Buka halaman GoPay dan klik Eksplor
  • Pilih pengaturan, klik ID Sidik Jari
  • Masukkan PIN
  • Izinkan fitur ID Sidik Jari untuk diaktifkan
  • Ikuti langkah selanjutnya dan kamu sudah bisa menggunakan fitur ini secara langsung ketika bertransaksi.

 

Sedangkan, bagi yang ingin mengetahui cara mengaktifkan fitur Touch ID untuk iOS bisa mengikuti step berikut:

 

  • Pada halaman smartphone, pilih “Setting” dan klik “Touch ID & Passcode”
  • Masukkan PIN GoPay kamu
  • Ketuk “Add a Fingerprint” dan ikuti instruksi selanjutnya
  • Aktifkan Touch ID untuk aplikasi Gojek dan kamu sudah bisa mengamankan transaksi GoPay!

 

Program Jaminan Saldo GoPay Kembali

GoPay juga menawarkan fitur keamanan lain lewat program Jaminan Saldo GoPay kembali. Jadi, ketika saldo gopay hilang akibat di luar kendali seperti kehilangan HP bisa langsung melaporkan ke pihak Gojek. Berikut cara mudah untuk menyampaikan permasalahan terkait GoPay kamu:

 

  • Pada halaman utama aplikasi Gojek, klik “Eksplor” atau “Explore”.
  • Pilih menu “Plus”
  • Klik “Jaminan Saldo Kembali” atau “Money Back Guarantee”.
  • Klik tombol “Claim Refund” atau “Ajukan Klaim”.
  • Isi formulir dengan lengkap untuk mempercepat proses investigasi.
  • Cek perkembangan proses klaim melalui My Tickets di halaman utama aplikasi Gojek.

 

Jangan keburu panik kalau saldo GoPay hilang secara tiba-tiba. Mengetahui cara mengaktifkan fingerprint dan face ID serta program Jaminan Saldo GoPay Kembali tidaklah cukup. Kamu juga harus selalu merahasiakan kode OTP, dan segera lapor jika terjadi masalah pada customer service Gojek.

 

Halaman Bantuan GoPay

Adanya halaman batuan yang tersedia di aplikasi Gojek berguna untuk membantu pengguna biar lebih aman dalam bertransaksi pakai GoPay. Jika terjadi penyalahgunaan akun atau kehilangan saldo, kamu bisa menyampaikan kendala dengan nyaman lewat customer service Gojek dan berinteraksi langsung dalam aplikasi Gojek.

 

Itu tadi informasi soal cara mengaktifkan fingerprint, face ID, dan mengakses Jaminan Saldo GoPay Kembali. Pokoknya, nggak perlu merasa takut dan khawatir saat bertransaksi pakai GoPay. Sederet fitur keamanannya akan membuat kamu semakin nyaman. Bahkan, jika terjadi kendala sekalipun bisa ditangani secara cepat. Transaksi jadi leluasa berkat #AmanBersamaGoPay.