Tips Melakukan Perawatan Pasca Stroke Secara Mandiri di Rumah

 

Perawatan pasca stroke itu memang tidak mudah. Tetapi jangan khawatir, Anda bisa memilih berbagai macam cara. Yang pertama adalah dengan cara melakukannya secara mandiri di rumah dengan bantuan perawat atau dokter. Dan kedua adalah dengan melakukannya di rumah sakit. Akan tetapi untuk keadaan seperti saat ini yakni di tengah pandemi COVID-19 yang semakin buruk, maka pilihan terbaik adalah bisa Anda lakukan di rumah saja. Hal ini tentunya juga akan lebih nyaman bagi pasien itu sendiri. Karena tidak perlu lagi berinteraksi dengan banyak orang yang ada di rumah sakit.

 

Orang dengan riwayat penyakit stroke ini memang tidak bisa lagi memiliki fungsi tubuh yang maksimal. ada banyak sekali hal yang bisa terjadi pada tubuh pasien. Seperti misalnya adalah kehilangan fungsi otak dengan baik sehingga ingatan banyak yang lupa. Dan kemudian berdampak pada respon anggota tubuh terhadap gerakan. Tubuh tidak lagi bisa berfungsi dengan normal dan baik. Untuk itu, jangan asal sembarangan dalam memberikan perawatan kepada pasien stroke. Semua perlu dilakukan dengan hati-hati dan sabar.

 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa dalam melakukan perawatan pada pasien stroke itu bisa dilakukan di rumah. tetapi ada berbagai macam catatan yang bisa Anda perhatikan jika ingin melakukannya secara mandiri. Terlebih jika tidak memakai bantuan jasa perawat yang akan datang ke rumah untuk membantu Anda dalam memberikan perawatan pada pasien. Untuk itu berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan jika ingin memberikan perawatan pada pasien pasca stroke di rumah dan secara mandiri:

 

  • Latih pasien untuk bergerak dan berbicara

Tidak dapat dipungkiri bahwa pasien pasca stroke memang akan kehilangan keseimbangan tubuh yang berakibat pada tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik. Dan tidak hanya itu saja, terkadang juga berdampak pada pasien akan kesusahan untuk berbicara. Untuk itu, Anda usahakan jika memang Anda melakukan perawatan pada pasien stroke dengan kondisi seperti itu latih dan biasakan pasien untuk menggerakkan tubuhnya dengan cara perlahan dan hati-hati. Selain itu usahakan untuk mengajaknya berbicara dengan pelan dan perlahan.

 

  • Perhatikan pola makan

Anda perlu tahu bahwa hal ini juga sangat penting untuk diperhatikan. Jadi orang dengan riwayat penyakit stroke ini memang tidak bisa diberikan makanan dengan sembarangan. Karena memang ada beberapa makanan yang memang harus benar-benar dihindari oleh pasien stroke saat menjalani pemulihan. Usahakan untuk hindari makanan daging dan yang bisa membuat tekanan darah kembali naik. Untuk itu, supaya lebih aman, karena kondisi tubuh juga belum normal dan tenggorokan pasti juga tidak baik kondisinya maka usahakan untuk memberikan makanan yang sehat. Seperti sayuran dan buah-buahan. Dan jika memang kesehatannya sangat buruk maka Anda bisa memberinya bubur sebagai ganti dari nasi.

 

Di atas adalah beberapa hal yang perlu dan penting untuk diperhatikan apabila ingin melakukan perawatan pasca stroke di rumah secara mandiri. Akan tetapi satu hal yang perlu Anda ingat dan perhatikan. Jika memang Anda belum memiliki pengalaman yang cukup mumpuni maka alangkah lebih baik jika Anda meminta bantuan pada suster atau perawat untuk membantu Anda memberikan perawatan pada pasien pasca stroke. Karena jika sampai Anda salah langkah dan tindakan, maka bukannya pasien akan semakin baik kondisinya maka mungkin bisa jadi malah lebih parah.