Minum susu merupakan suatu kebiasaan sehat yang saat ini jarang dilakukan oleh banyak orang. Jika anda beranggapan minum susu hanya suatu kebiasaan baik untuk anak-anak, maka sebaiknya anda mulai berpikir ulang. Hal ini tentunya dikarenakan susu merupakan sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, baik dalam usia anak-anak bahkan hingga lansia.
Susu untuk lansia memiliki peran yang tidak kalah pentingnya, jika dibanding usia anak. Kandungan vitamin D yang dimiliki oleh susu membuatnya menutrisi tulang agar semakin kuat. Apalagi pada masa lansia sangat rentan akan penyakit yang menyerang kesehatan tulang. Untuk lebih jelasnya, anda dapat menyimak manfaat susu untuk lansia berikut ini.

Manfaat susu untuk lansia


1. Mengurangi Resiko Osteoporosis

Sebagaimana yang terjadi pada umumnya, bahwa osteoporosis merupakan penyakit yang menyerang kepadatan tulang pada masa lansia. Orang yang paling beresiko terkena osteoporosis ialah para wanita yang menginjak masa lansia. Namun kini anda tidak perlu khawatir lagi, karena manfaat susu untuk lansia menjadi penangkal untuk mengurangi resiko osteoporosis.

2. Mencegah Radang Sendi

Kandungan kalsium dan juga vitamin D memberi manfaat tersendiri bagi lansia. Susu untuk lansia menjadi salah satu pencegah terjadinya radang sendi apabila dikonsumsi secara rutin. Anda sebaiknya menggunakan susu alami, bukan produk olahan dari susu. Hal ini dikarenakan produk olahan susu seperti yogurt dan keju telah mengalami beberapa proses pengolahan yang mengurangi kandungan utuh yang dimiliki susu.

3. Menyehatkan Tubuh

Manfaat minum susu untuk lansia selanjutnya yaitu dapat menyehatkan tubuh. Pada masa lansia seringkali mengalami tubuh yang kurus kering, namun dengan rajin minum susu otot akan ternutrisi dan tetap segar. Kandungan yang dimiliki oleh susu membuat tubuh mampu mengatasi kebutuhan yang diperlukan otot untuk berkembang dan menjaga massa otot.

4. Menyehatkan Jantung

Manfaat susu untuk lansia yang ke empat yaitu dapat menyehatkan jantung. Kondisi jantung di masa tua seringkali tidak dapat bekerja secara maksimal. Hal tersebut dikarenakan pada masa tua kurang mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh jantung.
Uraian mengenai 4 manfaat susu untuk lansia tersebut setidaknya dapay menjadi refrensi bagi anda agar tetap menjaga kesehatan di masa tua. Menjaga tubuh agar tetap sehat dan produktif sebaiknya tidak dilakukan ketika dalam usia muda, namun hingga lansia juga masih wajib menjaga kesehatan agar tetap tampil prima.