4 Tips Untuk Menjadi Orangtua yang Lebih Efektif

Membesarkan anak-anak adalah salah satu pekerjaan terberat dan paling melelahkkan di dunia – dan pekerjaan yang Anda mungkin merasa paling tidak siap. Berikut adalah 4 tips membesarkan anak yang dapat membantu Anda merasa lebih puas sebagai orangtua terutama sebagai Ibu rumah tangga.

Tetapkan Batas dan Konsistenlah dengan Disiplin

Seperti yang dilansir dari kabar sulsel hari ini terbaru, disiplin diperlukan di setiap rumah tangga. Tujuan dari disiplin adalah untuk membantu anak-anak memilih perilaku yang dapat diterima dan belajar mengendalikan diri. Mereka mungkin menguji batas yang Anda tetapkan untuk mereka, tetapi mereka membutuhkan batas itu untuk tumbuh menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab. Menetapkan aturan rumah membantu anak-anak memahami harapan Anda dan mengembangkan kontrol diri. Beberapa aturan mungkin termasuk: tidak ada TV atau menonton YouTube sampai pekerjaan rumah selesai, dan tidak ada pukulan, atau panggilan nama yang menyakitkan diizinkan.

Anda mungkin ingin memiliki sistem: satu peringatan, diikuti oleh konsekuensi seperti “time out” atau hilangnya hak istimewa. Kesalahan umum yang dibuat orang tua adalah kegagalan untuk menindaklanjuti dengan konsekuensi. Anda tidak dapat mendisiplinkan anak-anak untuk berbicara kembali suatu hari dan mengabaikannya di hari berikutnya. Konsisten mengajarkan apa yang Anda harapkan.

Jadilah Role Model Yang Baik dan Benar

Anak-anak kecil belajar banyak tentang bagaimana bertindak dengan memperhatikan orang tua mereka. Semakin mereka berkembang besar, semakin banyak isyarat yang mereka ambil dari Anda. Sadarilah bahwa Anda terus diawasi oleh anak-anak Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang terkena biasanya memiliki model peran untuk agresi di rumah.

Teladan sifat-sifat yang ingin Anda lihat pada anak-anak Anda: rasa hormat, keramahan, kejujuran, kebaikan, toleransi. Tunjukkan perilaku tidak egois. Lakukan sesuatu untuk orang lain tanpa mengharapkan imbalan. Sampaikan terima kasih dan berikan pujian. Yang terpenting, perlakukan anak-anak Anda seperti yang Anda harapkan orang lain memperlakukan Anda.

Tunjukkan Bahwa Cinta Anda Tidak Bersyarat

Sebagai orang tua, Anda bertanggung jawab untuk mengoreksi dan membimbing anak-anak Anda. Tetapi bagaimana Anda mengekspresikan panduan korektif Anda membuat semua perbedaan dalam bagaimana seorang anak menerimanya.

Ketika Anda harus menghadapi anak Anda, hindari menyalahkan, mengkritik, atau mencari kesalahan, yang merusak harga diri dan dapat menyebabkan kebencian dalam hati anak anda. Sebaliknya, berusahalah untuk memelihara dan memberi semangat, bahkan ketika mendisiplinkan anak-anak Anda. Pastikan mereka tahu bahwa meskipun Anda ingin dan berharap lebih baik di waktu berikutnya, cinta Anda tetap ada.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Anda

Anak-anak mulai mengembangkan kesadaran diri mereka sebagai bayi ketika mereka melihat diri mereka melalui mata orang tua mereka. Nada suara Anda, bahasa tubuh Anda, dan setiap ekspresi Anda diserap oleh anak-anak Anda. Kata-kata dan tindakan Anda sebagai orang tua memengaruhi harga diri mereka yang berkembang lebih dari apa pun. Memuji prestasi, betapapun kecilnya, akan membuat mereka merasa bangga; Membiarkan anak-anak melakukan sesuatu secara mandiri akan membuat mereka merasa mampu dan kuat. Sebaliknya, meremehkan komentar atau membandingkan anak yang tidak baik dengan yang lain akan membuat anak merasa tidak berharga.

Hindari membuat pernyataan yang dimuat atau menggunakan kata-kata sebagai senjata. Komentar seperti “Sungguh hal yang bodoh untuk dilakukan!” atau “Kamu bertingkah lebih seperti bayi daripada adik laki-lakimu!” menyebabkan kerusakan seperti halnya pukulan fisik.