Salah satu jenis bisnis yang sekarang cukup banyak dilakukan oleh masyarakat karena kemudahan dan hasilnya cukup menjanjikan bahwa dalam bisnis kain cetak. Bisnis dilakukan dengan menggunakan kain cetak juga digunakan untuk membuat beragam seperti kaos olahraga, seprai, dan lain-lain. Bagi Anda yang akan melakukan usaha jasa print kain ini harus mengetahui berbagai cara yang digunakan dalam proses pencetakan kain sangat penting untuk melakukannya dalam hasil operasi yang diperoleh dapat diperoleh sebanyak mungkin.

Berbagai cara dapat digunakan untuk mencetak kain sebenarnya cukup beragam, semuanya bisa disesuaikan dengan metode atau jenis cetakan yang diinginkan. Untuk cetakan biasa dari kain cetak itu sendiri umumnya dibagi menjadi tiga bagian yang dirinci sebagai berikut:

  • Cetak kain dengan hand press. kain cetak yang dikerjakan dengan pers tangan memiliki beberapa kelebihan sebagai kelemahan juga. Dalam hal keuntungan Anda dapat menggunakannya untuk bahan T-shirt seperti 30-an tanpa harus menggunakan selembar bahan jenis polyester, tetapi kurangnya sarana ini bahwa panjang daerah cetak terbatas pada mesin, sehingg di cetak tidak bebas.

 

  • Menggunakan sistem sublimasi. Untuk ini adalah cara untuk memanfaatkan kertas transfer pada media. Dalam proses ini menekan dengan menggunakan konten panas spesifik yang menggunakan jenis pilihan ganda mesin yang menggunakan roll untuk roll, yang berarti dalam jangka panjang berliku dapat melebihi 10 meter. Tetapi kurangnya metode ini adalah penggunaan kain yang hanya biss digunakan untuk kain polos berwarna putih saja.

 

  • Dengan menggunakan tinta sablon. Cara terakhir yang dapat digunakan dalam kain cetak yang menggunakan tinta sablon. Dalam proses ini warna yang ada pencetakan kain tidak akan bercampur dengan warna dasar kain yang adalah penggunaan pemisahan warna. Oleh karena itu, dengan menggunakan tinta cetak berarti tidak akan ada pencampuran warna dengan kain dasar.     

Desain dalam kain sekarang menjadi tren di dunia pencetakan. Baik untuk produk tekstil seperti kaus, sarung bantal, tas jinjing, jaket, syal, jilbab, dan banyak lagi. Percetakan desain pada produk tekstil dapat menggunakan DTG dan mesin digital luhur. Namun, Anda tidak dapat memilih kain dengan ceroboh untuk mencetak desain atau visual. Ada kain tertentu yang dapat dicetak dengan kedua mesin ini. Berikut ini adalah semacam kain yang cocok untuk dicetak dengan mesin cetak DTG dan digital Sublime:

Polyester.

Bahan tekstil poliester ini cocok jika dicetak dengan mesin cetak digital seperti Sublime dan DTG. Yang perlu Anda ketahui, Polyester adalah salah satu bahan tekstil, yang berasal dari serat sintetis melalui proses kimia polimerisasi. Bahan ini bergantung pada minyak bumi (minyak bumi), yang dikombinasikan dengan kapas. Karena poliester adalah bahan tekstil yang sering digunakan untuk keperluan industri, dan memiliki bentuk cairan kristal.

Kain katun

Selain poliester, ada kain katun yang cocok untuk mencetak pada mesin cetak digital seperti DTG dan luhur. Kain katun atau kapas memiliki tekstur yang cukup halus, tahan lama, dan nyaman dipakai setiap hari. Selain itu, bahan ini dapat diperlakukan dengan mudah, dan cocok untuk pemakaian cuaca. Tidak seperti poliester yang terbuat dari kombinasi senyawa kimia, kain katun benar-benar berasal dari kapas atau gosipium.

Kain Maxmara

Bahan ini sering digunakan untuk membuat jilbab dan syal tipis. Jika Anda ingin mencetak desain pada kain Maxmara, itu akan lebih cocok untuk mesin digital yang luhur. Bahan tekstil ini mirip dengan kain satin, karena memiliki tekstur yang halus dan dingin. Namun, kain Maxmara kaya akan serat yang lebih baik, jika dibandingkan dengan satin. Selain itu, kain tenun dengan teknik filamen ini, juga transparan dan mengkilap yang cenderung mengarah pada doff.