Tips dan saran dalam memilih parcel lebaran


Saat lebaran mungkin banyak orang yang berpikir ingin membelikan sesuatu untuk kerabatnya saat lebaran salah satunya adalah lebaran. Tapi dibalik itu semua ada beberapa orang yang mungkin mengambil keuntungan dengan cara yang tidak baik, seperti memberikan barang yang sudah kadaluwarsa atau expired. Maka dari itu, disini saya ingin membagikan tips memilih parcel lebaran yang baik :

·         Tentukan tipe parcel yang cocok yang disukai kolega atau kenalan

Tentukan paket parcel sebelum memastikan untuk membelinya. Karena banyak jenis isi parcelyang beredar di pasaran, seperti Parcel Keramik, Parcel Makanan, Parcel Kristal, Parcel Perlengkapan Kantor , Parcel kue Kering, Parcel Perlengkapan Ibadah, dan sebagainya. Jadi, pilihlah paket parcel yang cocok dengan keperluan atau yang disukai kolega atau kenalan.

·        Amati tanggal kadaluarsa atau expired isi parcel

Seperti yang sudah diceritakan di atas sebelumnya jangan sampai paket parcel lebaran yang tujuannya untuk mempererat tali silaturahmi malahan memunculkan sesuatu yang tak mengenakan bagi penerima parcel lantaran keadaan barang yang ada di dalam parcel yang buruk. Mempertimbangkan tanggal kadaluarsa dari suatu produk menjadi komponen yang sangat penting, termasuk ketika memilih dan mengorder parcel lebaran. Pastikan seluruh produk, khususnya makanan dan minuman belum masuk tanggal kadaluarsa, dan pilihlah yang masih lama tanggal kadaluwarsanya.

·         Amati isi parcel

Amati isi parcel sebelum memutuskan untuk membeli atau mengordernya. Anda juga harus lebih selektif dan jangan sungkan untuk menanyakan langsung kepada penjual seputar rincian isi dalam parcel. Terlebih jika anda membeli di online shop. Jangan sampai parcel yang anda kirimkan tidak sesuai dengan gambar yang dipilih.

·         Amati label halal

Kalau si penerima parcel seorang muslim dan paket parcel yang akan diberi berupa minuman dan makanan, anda harus memastikan seluruh produk makanan/ minuman dalam parcel adalah produk Halal dan berlabel Halal dari MUI. Tidak mungkin kan jika ingin memberikan hadiah lebaran tapi ternyata tidak Halal.

·         Cek harga parcel

Nah, untuk urusan yang satu ini sebaiknya anda memilih harga parcel yang sebanding dengan isinya dan pertimbangkan pula dari segi desain kemasan dan aksesoris pada parcel. Penjual parcel yang jujur tak mungkin memasarkan parcel dengan memiliki harga yang melampaui isi dari parcel itu. Jangan mudah tergiur juga dengan harga murah.

·         Belilah parceldi toko yang terpercaya

Belilah Parceldi Toko yang sudah terpercaya di daerah tempat kalian tinggal, hindari pembelian parcel di kios atau toko dadakan, dan jangan tergiur dengan harga parcel yang terlalu murah di pasaran. Karena hal tersebut bisa mengurangi penipuan

·         Cek apakah tokonya didatangi oleh BPOM

Pastikan menanyakan pada penjual apakah tokonya didatangi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) atau tidak. Karena kalau mereka menjawab berarti bisa dipercaya, tapi kalau tidak, biasanya mereka tidak merakit sendiri, atau bisa jadi tumpangan jualan orang lain.

Hindari produk impor yang tidak diketahui entah dari komposisinya atau dari negaranya. Belilah produk impor yang sudah anda ketahui sebelumnya, atau kalau mau yang lebih baik beli produk lokal saja.

Perhatikan fisik dari parcel yang ingin anda beli, apakah kemasan produk dalam parcel masih dalam kondisi yang baik, hindari kemasan produk yang sudah rusak seperti kemasan yang bocor, berkarat, penyok, atau terjadi perubahan warna dalam kemasan produk